fbpx

Masukkan kata kunci Anda

Pentingnya Mengenalkan Cerita Rakyat Indonesia pada Anak

Pentingnya Mengenalkan Cerita Rakyat Indonesia pada Anak

Pentingnya Mengenalkan Cerita Rakyat Indonesia pada Anak

Masih ingat cerita rakyat Indonesia seperti Bawang Merah Bawang Putih dan Timun Mas? Dulu cerita rakyat Indonesia sangat dekat dengan warga Indonesia yang lahir tahun 2000-an awal dan sebelumnya. Sekarang, cerita rakyat sudah jarang kita dengar. Anak yang lahir pada 2000-an ke atas sudah asing dengan Timun Mas, Bawang Merah Bawang Putih, Sangkuriang, dan cerita rakyat Indonesia lainnya.

Salah satu dampak dari era globalisasi adalah lunturnya budaya Indonesia di generasi mudanya, termasuk cerita rakyat Indonesia. Generasi muda, mulai dari anak-anak hingga remaja, lebih menyukai dongeng dari luar negeri. Akibatnya, cerita rakyat Indonesia sudah mulai terlupakan. Anak-anak pun jarang dikenalkan dengan cerita rakyat.

Dongeng-dongeng dari luar negeri memang menarik dengan berbagai konflik dan tokoh. Namun, cerita rakyat Indonesia juga tidak kalah menarik. Fakta bahwa cerita rakyat Indonesia dapat diadaptasi menjadi film televisi hingga sinetron membuktikan bahwa cerita rakyat Indonesia bukan cerita kuno dan membosankan.

Yang lebih mengejutkan, cerita rakyat Indonesia sangat cocok untuk diajarkan kepada anak sejak dini karena pesan moralnya yang positif. Pesan moral maupun representasi yang ada di sebuah cerita sangat penting karena dapat membentuk pola pikir atau perspektif seseorang terhadap sesuatu.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dengan mengenalkan cerita rakyat Indonesia kepada anak-anak.

  1. Anak akan mendapatkan pesan moral sejak dini.

Misalnya, dongeng Bawang Merah, Bawang Putih yang mengajarkan untuk tidak serakah. Atau dongeng Timun Mas yang mengajarkan anak-anak untuk berani dan berjuang pantang menyerah. Serta dongeng Malin Kundang yang mengajarkan anak untuk selalu menghormati dan menyayangi orang tua.

  1. Alternatif hiburan edukatif.

Anak-anak saat ini diterpa oleh banyak distraksi, baik dari TV ataupun gadget. Padahal kebiasaan membaca harus dimilikinya sejak dini. Oleh karena itu, dengan membacakan buku cerita rakyat Indonesia anak-anak akan lebih terhibur tanpa harus terpapar gadget tidak kenal waktu.

  1. Mengenal budaya Indonesia dan menanamkan cinta tanah air.

Semangat nasionalisme harus dipupuk kepada anak-anak sejak usia dini. Salah satu caranya adalah dengan memberinya bacaan cerita rakyat Indonesia. Dengan latar cerita, tokoh, serta budaya lokal yang khas Indonesia, anak-anak akan mengenal tanah airnya melalui cerita rakyat yang seru.

Orang tua dapat mengenalkan cerita rakyat Indonesia kepada anak dengan cara yang menyenangkan supaya anak lebih semangat dan lebih dapat memahami isi cerita. Karena sekarang cerita rakyat Indonesia sudah hampir tidak diangkat ke televisi lagi, orang tua bisa mengenalkan cerita rakyat melalui puzzle book supaya anak dapat bermain sambil mengenal cerita rakyat.

 

Ada dua puzzle book seri cerita klasik Indonesia yang telah diterbitkan Bentang Kids, yaitu Bawang Merah Bawang Putih dan Timun Mas. Kedua buku ini bisa didapatkan di event Mom Literacy Expo yang diselenggarakan pada 7 September – 10 Oktober 2020. Tidak hanya buku cerita rakyat saja, orang tua bisa mendapatkan buku-buku anak lainnya untuk bekal menanamkan cinta literasi di tengah keluarga.