fbpx

Enter your keyword

Kisah Hidup dan Karya-karya Brontë Bersaudari

Kisah Hidup dan Karya-karya Brontë Bersaudari

Kisah Hidup dan Karya-karya Brontë Bersaudari

Para pembaca sastra klasik mungkin tak asing dengan penulis Brontë bersaudari, yaitu Charlotte Brontë, Emily Brontë, dan Anne Brontë. Mereka lahir di Thronton, Yorkshire, Inggris di awal tahun 1800-an. Charlotte lahir 21 April 1816, disusul Emily lahir 30 Juli 1818, kemudian Anne lahir 17 Januari 1820. Kedua orang tuanya, Patrick Brontë dan Maria Branwell sebenarnya memiliki lima putri dan satu putra. Namun, dua putri pertamanya, Maria dan Elizabeth meninggal di usia muda.

lukisan karya saudara mereka, Branwell. Sumber: Wikipedia

Kehidupan ketiga Brontë bersaudari ini terbilang cukup miris. Sejak kecil mereka harus kehilangan ibu dan saudara-saudara tertua mereka. Mereka juga tak hidup lama karena penyakit dari sumber air di rumahnya yang telah terkontaminasi. Beberapa di antaranya meninggal tak lama setelah karyanya diterbitkan. Emily meninggal di tahun 1848 karena penyakit tuberculosis, disusul setahun kemudian Anne meninggal karena penyakit yang sama. Tahun 1854 Charlotte pun meninggal pada masa kehamilannya padahal usianya baru menginjak 38 tahun.

 

 

 

 

Karya Brontë Bersaudari

Charlotte Brontë (1816-1855)

Charlotte Brontë si sulung dikenal dari karyanya yang berjudul Jane Eyre (1847). Keberhasilan karya pertamanya diikuti dua karya lainnya, Shirley (1849), dan Villete (1853), yang terinspirasi dari pengalaman hidupnya selama menjadi seorang guru. Dua tahun setelah kematiannya, The Professor, novel pertama yang ditulisnya sebelum Jane Eyre dan sempat ditolak di semua penerbit mulai diterbitkan pada 31 Maret 1855.

 

 

 

 

 

Emily Brontë (1818-1848)

Emily Brontë selama hidupnya hanya menghasilkan satu karya yaitu Wuthering Heights (1947). Novel ini adalah sebuah masterpiece yang terbit setahun sebelum kematiannya akibat tuberculosis. Hingga hari ini, Wuthering Heights menjadi salah satu novel yang mengundang banyak kritikan dan pujian.

 

 

 

 

 

 

Anne Brontë (1820-1849)

Anne Brontë adalah bungsu dari Brontë bersaudari. Seperti kakak-kakaknya, Anne adalah penulis yang menghasilkan karya masterpiece dunia. Novel pertamanya adalah Agnes Grey (1847) dan setahun setelahnya terbit novel keduanya The Tenant of Wildfell Hall (1848). Anne menyumbang duapuluh satu puisi dalam buku kumpulan puisi saudaranya di tahun 1846.

 

 

 

 

 

Awal mulanya, mereka menerbitkan karya-karya ini dengan nama samaran lelaki seperti kebiasaan para penulis perempuan pada saat itu, yaitu Currer, Ellis dan Acton Bell. Mereka sempat bersama-sama menerbitkan kumpulan puisi di bawah nama samaran mereka yang hanya terjual dua eksemplar. Meski mereka tak hidup lama, Brontë bersaudari ini telah menghasilkan karya-karya yang menjadi harta karun dunia sastra hingga ratusan tahun berlalu.