fbpx

Masukkan kata kunci Anda

Buku Terbaru Yudi Latif dan Kekusutan Memahami Pancasila

Buku Terbaru Yudi Latif dan Kekusutan Memahami Pancasila

Buku Terbaru Yudi Latif dan Kekusutan Memahami Pancasila

Saat ini Pancasila kembali hangat diperbincangkan. Denyutnya pun masih bisa dirasakan sampai hari ini.  Tak pelak, hal itu membuat Yudi Latif, cendekiawan dan pemikir kepancasilaan terpanggil untuk mengeluarkan buku barunya, edisi komprehensif Wawasan Pancasila: Bintang Penuntun Untuk Pembudayaan. “Buku ini mengupas tuntas berbagai dimensi Pancasila. Juga untuk meluruskan berbagai kekusutan dan miskonsepsi dalam memahami Pancasila”, terang Yudi Latif.

 

Mantan Kepala BPIP ini (dahulu UKP-Pembinaan Ideologi Pancasila-red) memang terbilang produktif menulis tentang kebangsaan dan kepancasilaan. Sejatinya dia memang dikenal sebagai cendekiawan yang bernas. Baginya, untuk mewujudkan Pancasila sebagai titik temu, titik tumpu, dan titik tuju bangsa Indonesia, diperlukan usaha pembudayaan atau penanaman secara terus-menerus. Ibarat budidaya tanaman, Pancasila perlu dirawat dengan penuh pemahaman dan ketekunan sepanjang proses pembibitan, penanaman, pemupukan, dan pencahayaan.

 

Menulis di Masa Pandemi

 

Selama #dirumahaja Yudi Latif menyempatkan diri untuk menulis kembali pemikirannya tentang Pancasila dan memperbarui buku Wawasan Pancasila tersebut. Banyaknya multitafsir tentang Pancasila dan masih kurangnya praktik langsung nilai-nilai Pancasila di masyarakat, turut menggugahnya.

 

 

“Buku ini bisa terbit berkat pertukaran pikiran dan kerja sama dengan banyak pihak. Selain itu, buku ini juga mulai menemukan fondasi pemikirannya saat saya menjabat sebagai Kepala Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP),” Jelas Yudi Latif.

 

Ada bab-bab baru yang ditambahkan untuk memperkaya buku ini, antara lain,  “Wawasan ‘Agama Sipil’ Pancasila”, “Wawasan Ideologi Pancasila”, dan  “Wawasan Pembudayaan Pancasila”. Sementara pada bab-bab lama dilakukan penyesuaian dan pengukuhan. Nantinya buku ini akan diberi judul Wawasan Pancasila Edisi Komprehensif. Edisi awal buku ini terbit 2018. Edisi komprehensif ini menawarkan pendekatan yang kreatif dan holistis, dengan tetap menempatkan Pancasila sebagai penuntun yang dinamis dalam merespons dinamika sosial dan global yang kompleks.

 

Harapannya, buku ini bisa menjadi rujukan yang dapat diandalkan dalam studi Pancasila, terutama bagi kalangan perguruan tinggi, guru, politikus, pejabat negara, aparatur negara, mahasiswa, dan masyarakat umum. Saat ini buku Wawasan Pancasila Edisi Komprehensif sedang dalam proses penerbitan di Penerbit Mizan dan untuk pemesanannya bisa melalui Pre- Order disini.

 

Nantikan terbitnya dan salam Pancasila!