fbpx

Enter your keyword

5 Fakta Menarik Tentang Literasi di Dunia

5 Fakta Menarik Tentang Literasi di Dunia

5 Fakta Menarik Tentang Literasi di Dunia

Tahukah Sahabat Mizan bahwa banyak sekali fakta-fakta menarik seputar literasi di dunia. Mulai dari buku terkecil di dunia, buku terbesar di dunia, hingga buku termahal yang pernah dibeli. Wah, selain itu ada fakta-fakta apa lagi ya? Simak 5 fakta menarik tentang literasi di dunia berikut.

 

1. Buku paling mahal yang pernah dibeli

Bill Gates membeli ‘Codex Leicester’, salah satu jurnal ilmiah Leonardo Da Vinci seharga $30,8 juta dollar.

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Buku terpanjang di dunia

‘A la recherche du temps perdu’ karya Marcel Proust adalah buku terpanjang di dunia dengan 9.609.000 karakter. Diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi ‘Remembers of Things Past’, buku ini menceritakan kisah pengalaman penulis tumbuh dewasa.

 

 

 

 

 

 

3. Buku dengan kalimat terpanjang

Kalimat terpanjang (tulisan tanpa tanda titik) pernah dicetak dalam novel Les Miserables karya Victor Hugo dengan panjang 823 kata.

 

 

 

 

 

 

 

4. Buku terkecil di dunia

Buku terkecil di dunia yaitu Teeny Ted from Turnip Town (2007) diterbitkan oleh Robert Chaplin dengan ukuran 0,07 mm x 0,10 mm.

 

 

 

 

 

 

 

5. Buku terbesar di dunia

Buku terbesar berukuran 5 mx 8,06 m (16,40 kaki x 26,44 kaki), beratnya sekitar 1500 kg dan terdiri dari 429 halaman. Buku ini diluncurkan oleh Mshahed International Group, di Dubai, UAE, pada 27 Februari 2012.

Lebih dari 50 orang ikut serta dalam pembangunan buku yang berjudul This the Prophet Mohamed’ dan merupakan kumpulan cerita yang menyoroti pencapaian seumur hidup Nabi Muhammad serta pengaruh positif Islam di kancah internasional dan kemanusiaan.