Masukkan kata kunci Anda

Toko Barbeku: Barang Bekas Berkualitas Untuk Pendidikan Berkualitas

Toko Barbeku: Barang Bekas Berkualitas Untuk Pendidikan Berkualitas

Bagi sahabat Mizan yang hendak menjual atau menghibahkan barang-barang bekas layak pakai yang sudah tidak digunakan, namun memiliki nilai jual, dapat menghubungi atau mendatangi Toko Barbeku Yasmin (Toko Barang Bekas Berkualitas). Toko tersebut berlokasi di Jalan Purnawarman Blok A No 37, Perumahan Bukit Cirendeu, Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang Selatan.

Toko Barbeku Yasmin adalah unit usaha andalan dari lembaga nirlaba bernama Yayasan Amal Khair Yasmin, yang didirikan oleh Haidar Bagir, Rahmad Riyadi, Zaim Saidi dan Yayasan Penerbit Mizan. Tujuan dibentuknya unit usaha ini tidak lain untuk kepedulian sosial, dengan mengusung program “Hibah Barang Bekas untuk Pendidikan Gratis”. Hal lain yang hendak dicapai melaui unit usaha ini, yakni memuculkan paradigma baru bahwa menyumbang melalui lembaga nirlaba tidak harus berupa uang.

Beragam barang yang diperjualbelikan di Toko Barbeku Yasmin yang sebagian merupakan barang-barang hibah dari para donatur, tentunya merupakan barang-barang yang masih memiliki nilai jual, antara lain alat rumah tangga, alat kantor, furnitur, elektronik, perhiasan, kendaraan, pakaian, buku, koran, majalah dan sebagainya.

Yang menarik  adalah, satu waktu seorang donatur rela mewakafkan bagungan ruko (rumah toko) miliknya untuk digunakan Toko Barbeku Yasmin. Donatur tersebut tergerak hatinya saat mengetahui bahwa Toko Barbeku Yasmin mengalami kesulitan dalam hal menampati outlet penjualan, seperti biaya sewa ruko yang terus naik tiap tahunnya. Hal lain yang membuat sang donatur dengan ikhlas mewakafkan bangunan ruko dua lantai miliknya yang terletak di daerah Depok, karena tujuan utama dari unit bisnis ini adalah untuk program sosial.

Hasil keuntungan dari penjualan barang-barang bekas tersebut akan dialokasikan untuk tujuan kepedulian sosial, salah satunya memberikan beasiswa pendidikan gratis kepada anak-anak dari keluarga yang tidak mampu. Sejauh ini berkat keuntungan yang didapatkan melalui toko barbeku tersebut, Yayasan Amal Khair Yasmin telah memberikan beasiswa kepada ribuan anak yang memerlukan. Selain itu Yayasan Amal Khair Yasmin juga telah memiliki beberapa sekolah gratis yang terletak di beberapa daerah di Indonesia, serta sanggar belajar dan beberapa program pendidikan lainnya.

 

(Ari)