fbpx

Masukkan kata kunci Anda

“Pride and Prejudice” Jane Austen

“Pride and Prejudice” Jane Austen

Sumber foto: imdb

Tidak merasa asing dengan judul “Pride and Prejudice”? Mungkin sebagian Sahabat Mizan mengenalnya dari film drama romantis yang keluar tahun 2005. Namun film ini adalah adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Jane Austen.

 

 

 

 

 

 

Siapa Jane Austen?

Sumber foto: biography

Jane Austen adalah penulis sastra klasik perempuan dari Inggris yang lahir pada tahun 1775. Jane Austen dikenal sebagai penulis realisme yang menggambarkan tentang kondisi sosial di lingkungannya. Ia lebih banyak menuliskan tentang kehidupan romantis kelas menengah.

Namun yang menarik, Austen justru menuliskan kisah romantisme secara kontras pada zamannya. Oleh karena itu, karyanya lebih sering mempromosikan gagasan bahwa wanita harus menikah demi cinta, dan bukan untuk keamanan finansial.

Lalu apa saja karya yang terlahir dari tangan seorang Jane Austen? Berikut adalah karya-karya Jane Austen yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

  1. Pride and Prejudice (1813)

Dalam Pride and Prejudice, Jane Austen menuangkan detail yang memikat mengenai kaum menengah ke atas pada abad ke-18. Karakter-karakternya yang memukau membuat novel ini menjadi salah satu roman paling populer sepanjang masa.

 

 

 

 

 

 

  1. Sense and Sensibility (1811)

Sense and Sensibility adalah novel pertama Jane Austen. Hingga kini, novel ini telah beberapa kali diadaptasi ke film layar lebar dan serial televisi. Salah satunya rilis pada tahun 1995, menampilkan Emma Thompson, Kate Winslet, Hugh Grant, dan Alan Rickman.

 

 

 

 

 

 

  1. Emma (1815)

Buku ini mengisahkan sosok Emma Woodhouse yang hidupnya sempurna, namun sedikit angkuh dan terlalu mengatur urusan orang lain. Dengan karakter yang tidak sempurna namun menarik, serta penggambaran yang jenaka dan tajam, Emma sering dianggap sebagai karya terbaik Austen.

 

 

 

 

 

  1. Mansfield Park (1814)

Buku ini bercerita tentang Fanny Price yang harus tinggal bersama keluarga dari adik ibunya di Mansfield Park. Tanpa sadar Fanny jatuh cinta pada sepupunya sendiri, Edmund Betram karena selalu memperlakukannya dengan manis. Namun Edmund juga mencintai wanita lain.

 

 

 

 

 

  1. Lady Susan (1871)

Lady Susan diperkirakan ditulis tahun 1794, tetapi baru dipublikasikan tahun 1871. Lady Susan telah beberapa kali diadaptasi menjadi drama panggung, dan tahun 2016 diangkat ke layar lebar dengan judul ‘Love & Friendship’, dibintangi oleh Kate Beckinsale.

 

 

 

 

 

 

  1. Juvenilia (1790)

Juvenilia adalah kumpulan karya-karya Jane Austen berupa novela, cerpen, puisi, bahkan penggalan skenario drama yang ditulisnya ketika masih remaja.

 

 

 

 

 

 

  1. Persuasion (1817)

Persuasion merupakan novel terakhir yang ditulis oleh Austen, tepatnya 6 bulan sebelum ia wafat di usia 41 tahun. Persuasion juga menjadi salah satu novel paling romantis karangan Austen. Sehingga sebanyak 4 film yang diadaptasi dari buku ini.

 

 

 

 

 

 

  1. Northanger Abbey (1817)

Sebenarnya novel Northanger Abbey sudah diselesaikan Jane di tahun 1804. Namun baru diterbitkan setelah Austen meninggal dunia. Novel ini menjadi salah satu karya satir Austen yang terkenal.

 

 

 

 

 

 

  1. A Fair Lady And A Fine Gentleman

Buku ini menyajikan kutipan favorit dari keenam karya besar Austen: Sense and Sensibility, Pride and Prejudice, Mansfield Park, Emma, Persuasion, dan Northanger Abbey. Dilengkapi dengan ilustrasi yang cantik, kutipan ini memberikan motivasi dan pelajaran tentang cinta dan kehidupan.