Masukkan kata kunci Anda

Mizan Meluncurkan Seri Teroka

Mizan Meluncurkan Seri Teroka

SERI TEROKA

Seri Teroka menerbitkan karya para cendekia muda yang merupakan hasil tesis/disertasi terpilih. Pemilihan karya dilakukan oleh Dewan Penilai yang terdiri dari para pakar di bidangnya. Karya yang dipilih mestilah meneroka (menjelajahi) tema-tema seputar Islam dan Indonesia. 

Latar Belakang

Seri Cendekiawan Muslim Indonesia yang diterbitkan oleh Mizan pada 1980-an dan 1990-an pernah menjadi trend setter pemikiran keislaman di Tanah Air. Meskipun Mizan hingga kini masih terus menerbitkan karya-karya kesarjanaan dari intelektual Muslim Indonesia, buku-buku pemikiran keislaman tersebut—di tengah kelimpahruahan informasi serta di tengah mainstream buku-buku populer—makin luput dari perhatian publik luas, dan pada gilirannya juga makin kehilangan pengaruh dalam wacana publik di Indonesia.

Penerbitan Seri Teroka, karena itu, tumbuh dari kesadaran bahwa perlu dihidupkan kembali awareness tentang pergulatan pemikiran keislaman yang sesungguhnya masih berkembang dan hidup di kalangan sarjana Muslim di Indonesia—antara lain dalam bentuk tesis dan disertasi di lingkunganscivitas akademika UIN/IAIN/STAIN dah kampus-kampus lain. Dengan cara itu, hasil penelitian keislaman tidak hanya beredar di kalangan intern kampus belaka, melainkanmendapatkan perhatian lebih luas dan pada gilirannya lebih berpengaruh di tengah wacana publik di Indonesia.

Dikhususkan bagi kaum intelektual muda (young scholars), Seri Teroka memberi kesempatan bagi mereka untuk menerbitkan karyanya—tesis atau disertasi—di Penerbit Mizan. Untuk menambah bobot program, dibentuklahDewan Penilai (Board of Reviewers) yang terdiri dari para pakar di bidangnya.

Jumlah judul buku yang akan diterbitkan dalam setahun adalah 9-12 judul, bergantung pada jumlah naskah yang masuk serta kelayakan terbitnya.

 

Undangan Mengirimkan Naskah

Demi melanjutkan dan menjaga dinamika dan perkembangan pergulatan pemikiran keislaman di Indonesia, Mizan berkomitmen untuk menerbitkan Seri  Teroka yaitu seri karya para cendekia muda meneroka (menjelajahi) Islam dan Indonesia.

Kami mengundang para cendekia muda untuk berpartisipasi mengirimkan naskahnya untuk diterbitkan. Naskah prioritas adalah naskah hasil penelian, tesis atau disertasi dengan tema  keislaman dari berbagai aspek dan bidang studi.

Ketentuan Umum:

  1. Naskah yang dikirim adalah hasil tesis atau disertasi (dibatasi dari tahun 2013-2018)
  2. Naskah harus bertemakan studi keislaman ditinjau dari pelbagai aspeknya (filsafat, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah, teknologi, sains, dan lain-lain).
  3. Naskah berdasarkan riset–baik riset empiris maupun tekstual
  4. Naskah yang dikirim sudah diubah dalam format (narasi) yang cukup populer, bukan dalam format-asli disertasi/tesis
  5. Ketua dewan penilai, dibantu oleh sekretaris dan seorang editor senior, menyeleksi awal naskah yang masuk.
  6. Setiap naskah yang terseleksi dikirim kepada dua anggota Dewan Penilai (yang dipilih oleh Ketua Dewan) untuk dinilai.
  7. Penilaian semata-mata didasarkan pada kualitas objektif naskah, dan tidak bergantung pada sosok penulis naskah (blind review)
  8. Naskah terpilih akan diterbitkan oleh Mizan dalam bentuk e-book dan bisa dipesan dalam bentuk cetak melalui print on demand (POD).
  9. Naskah dikirim 2 rangkap kepada: Penerbit Mizan, Panitia Seleksi SERI TEROKA, Jl. Cinambo 135 Bandung 40294 dan ke surel: mizanwacana@mizan.com

Waktu

Penerimaan naskah terbagi menjadi 3 periode:

Periode I: Desember 2017 – Februari 2018. Tenggat pengiriman naskah: 28 Februari 2018.

Periode II: April 2018 – Juni 2018. Tenggat pengiriman naskah 30 Juni 2018.

Periode III: September 2018 – November 2018. Tenggat pengiriman naskah: 30 November 2018.

Pada setiap periode, akan dipilih 3-4 judul yang diseleksi dari seluruh naskah yang masuk pada perioder berjalan. Jadi, dalam setahun terpilih 9-12 judul yang akan diterbitkan

 

 

Dewan Penilai (Board of Reviewers)

Ketua           :   Zainal Abidin Bagir, PhD (CRCS, UGM)

Sekretaris   :   Putut Widjanarko, PhD (Vice President Mizan)

Editor          :   Ahmad Baiquni, S. Si (Redaksi Mizan)

Anggota      :

  • Erwin Nur Rif’ah, Dr (Univ Jember)
  • Etin Anwar, PhD (Hobart and William Smith College, AS)
  • Eva F Nisa , Ph.D (Univ of Wellington)
  • Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, MA, Ph.D (UIN Ar-Raniri Aceh)
  • Michael Feener, Prof (Oxford, Inggris)
  • Mohamad Abdun Nashir, Dr ( UIN Mataram)
  • Mujiburrahman, Prof Dr ( UIN Antasari Banjarmasin)
  • Nina Nurmila, Prof PhD(UINSunan Gunung Djati Bandung)
  • Noorhaidi Hasan, Prof. PhD (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  • Oman Fathurahman, Prof PhD (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  • Raihani, Prof Dr (UIN Sultan Syarif Kasim Riau Riau)
  • Wahyudin Halim, PhD (UIN Alauddin Makassar)
  • Zaenuddin Hudi Prasojo, Dr. (IAIN Pontianak)