Masukkan kata kunci Anda

Mizan Goes To Campus

Mizan Goes To Campus

Bertepatan perhelatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) di ICE, BSD, Tangerang, Mizan meluncurkan program Mizan Goes to Campus (MGTC), didedikasikan secara khusus untuk kalangan akademisi. Program ini mendekatkan kembali Mizan (sebagai penerbit) dan pembacanya (khususnya di kalangan universitas).

Menurut Vice President Mizan Group, Putut Widjanarko, Mizan melihat peran perguruan tinggi atau universitas, khususnya STAIN/IAIN/UIN di Indonesia, masih menjadi benteng moderasi Islam. “Perguruan tinggi Islam di negeri ini menjadi salah satu tempat di mana gagasan, ilmu dan pengetahuan terus diproduksi dan direproduksi untuk peradaban dan kemanusiaan,” ujarnya.

Tantangan terbesar yang dihadapi STAIN/IAIN/UIN yaitu menjadi benteng untuk menangkal gerakan-gerakan radikal, takfiri, ektrimis yang saat ini terus mendesak masuk diberbagai kalangan. Narasi-narasi Islam yang rahmatan lil alamin harus terus gaungkan lewat tindakan-tindakan nyata. “Saya banyak bertemu dengan dosen pengajar dan rektorat dari berbagai kampus Islam yang mengaku tumbuh dari membaca buku-buku wacana dan keislaman Mizan.

WhatsApp Image 2017-11-29 at 10.07.25

CEO Nourabooks, Pangestuningsih, mengisi acara workshop penulisan di UIN Alauddin Makassar dalam rangka MGTC.

Untuk itu program MGTC didesain dalam berbagai rangkaian acara dan kegiatan yang bisa diikuti oleh dosen, mahasiswa dan para peneliti. Program MGTC akan mengunjungi beberapa kampus di Idonesia diantaranya adalah UIN Sunan Kalijaga, IAIN Ponorogo, UIN Raden Intan Lampung, IAIN Surakarta, dan pada tanggal 28 November ini, UIN Ala’uddin di Makassar.

IAIN Ponorogo adalah kampus pertama yang dikunjungi MGTC. Selama dua hari (10-11 November 2017) di sana digelar seminar career path tentang dunia penerbitan dan juga workshop menulis untuk mahasiswa. Nantinya, hasil dari workshop menulis ini akan akan lahir sebuah buku otobiografi keberislaman yang lahir dari para mahasiswa IAIN Ponorogo.

WhatsApp Image 2017-11-28 at 20.58.37
Selain dua kegiatan di atas, MGTC juga berisi diskusi buku, penerbitan buku seri Teroka (Seri karya para cendekia muda meneroka (menjelajahi) Islam dan Indonesia), beasiswa penulisan skripsi, tesis, dan disertasi, Klab Buku Mizan Akademia, akademisi juga bisa mengakses buku-buku dengan potongan diskon khusus terbitan Mizan Grup. untuk Dosen dan Peneliti, serta bazaar buku.