Masukkan kata kunci Anda

Meneroka Islam dan Indonesia: Naskah Terpilih Teroka Tahap I

Meneroka Islam dan Indonesia: Naskah Terpilih Teroka Tahap I

Semangat Mizan dalam mengobarkan gairah intelektualisme di dunia literasi tidak pernah berhenti. Hal ini tertuang dalam program-program Mizan seperti Beasiswa Mizan yang diadakan secara konsisten setiap tahunnya. Para penerima beasiswa ini tidak hanya mendapat dana untuk proposal penelitiannya saja, tetapi juga mendapatkan buku-buku pilihan terbitan Mizan yang dapat menunjang keluasan penulisan selama setahun penuh.

Tak hanya itu, Mizan juga memiliki program lain dalam bidang ilmu yang dikhususkan untuk para cendikiawan bangsa, yaitu program Seri Teroka. Seri Teroka adalah sebuah program yang menerbitkan karya para cendekia muda dari hasil tesis atau disertasi terpilih. Karya yang dipilih mestilah meneroka (menjelajahi) tema-tema seputar Islam dan Indonesia. Pemilihan karya dilakukan oleh Dewan Penilai yang terdiri dari para pakar di bidangnya.

Meniliki kembali pada kesuksesan Seri Cendekiawan Muslim Indonesia yang diterbitkan oleh Mizan pada 1980-an dan 1990-an, tumbuh kesadaran bahwa perlu dihidupkan kembali awareness tentang pergulatan pemikiran keislaman yang sesungguhnya masih berkembang dan hidup di kalangan sarjana Muslim di Indonesia. Hal tersebut menjadi dasar peluncuran program Seri Teroka di Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2018, sebuah ajang tahunan yang mempertemukan para cerdik cendikia muslim dari dalam dan luar negeri.

 

Berikut adalah hasil penilaian Naskah Terpilih Teroka Tahap I

Tahap I dimulai dari  bulan November 2017 hingga Januari 2018. Selama proses penerimaan naskah, ada beberapa naskah yang masuk. Berdasarkan hasil seleksi, empat naskah dinyatakan layak untuk ditinjau oleh Dewan Penilai. Setelah ditinjau masing-masing oleh para Dewan Penilai, tiga naskah dinyatakan layak untuk diterbitkan.

Ketiga naskah tersebut adalah

  1. Krismono dengan judul Ekonomi-Politik Salafisme di Pedesaan Jawa direview oleh: Dr. Zaenuddin Hudi Prasojo (IAIN Pontianak) dan Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, MA, Ph.D (UIN Ar-Raniri Aceh)
  2. Kerwanto dengan judul Metode Tafsir Esoeklektik: Sebuah Pendekatan Tafsir Integratif dalam Memahami Kandungan Batin Al-Quran direview oleh: Dr. Moch. Nur Ichwan (UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta)
  3. Novizal Wendry dengan judul Labelisasi dan Kredibilitas Periwayat Kufah (Kajian al jahr wa at-ta’dil dengan Pendekatan Sosiohistoris direview oleh: Dr. Fuad Jabali (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Prof. Oman Fathurahman, Ph.D (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Naskah Terpilih Teroka tahap II sedang dalam proses penilaian. Dan penerimaan naskah tahap III dibuka pada bulan September-Nobember 2018.

Selamat kepada para naskah terpilih teroka tahap I. Mizan senantiasa berkomitmen dalam melanjutkan dan menjaga dinamika perkembangan pergulatan pemikiran keislaman yang moderat di Indonesia.