Masukkan kata kunci Anda

Living Values: An Educational Program

Living Values: An Educational Program

Ali Abdullah lahir pada 2 Juli 1956 di Solo. Dia merupakan putra keenam dari almarhum Abdullah Ahmad dan Anisah. Saat berada di kelas 1 hingga 3 di SMA Negeri IV Jakarta, Ali Abdullah duduk sebangku dengan Zainal Abidin Shahab. Selepas SMA, mereka juga bersama-sama meneruskan pendidikannya di Bandung. Ali Abdullah melanjutkan studinya di STIEB Jurusan Akuntasi, sedangkan Zainal Abidin di ITB.

Saat kuliah, Ali Abdullah bekerja di Penerbit Al-Ma’arief Bandung dari tahun 1980 hingga 1983 sebagai Wakil Kepala Pembukuan. Pada suatu hari, Zainal Abidin berkunjung ke tempat kos Ali Abdullah sambil membawa proposal pendirian penerbitan. Selain itu, Zainal Abidin juga banyak bertanya seputar penerbitan. Inilah mula pertama Zainal Abidin melibatkan Ali Abdullah dengan Mizan. Duduk sebangku, ketika di SMA, terwujud kembali karena sejak Maret 1983, Ali Abdullah bekerja di Mizan di Bagian Keuangan, sedangkan Zainal Abidin di Bagian Redaksi. Selama di Mizan, Ali Abdullah juga pernah bekerja di Bagian Marketing dan menjadi Direktur Pelaksana.

Sekitar tahun 1990-an, Ali Abdullah bersama Gus Ballon, Yanti, dan Andi Yudha, merintis divisi anak-anak Mizan (sekarang bernama DAR! Mizan). Sejak buku dan alat peraga anak-anak diterbitkan, wajah “serius” Mizan mulai berubah menjadi lebih semarak dan ceria. Pada 1994, Ali Abdullah berwiraswasta dan aktif di dunia pendidikan. Selama tahun 2000 hingga 2004, dia menjadi direktur di sebuah sekolah dasar swasta di Bandung yang menerapkan pendidikan inklusi dan active learning. Pada 2004, dia bergabung kembali di Mizan dan saat ini sebagai CEO PT Mizan Grafika Sarana.

Di samping aktif lagi di Mizan, dia juga menjadi Relawan UNESCO untuk “Living Values: An Educational Program” sebagai trainer, dan salah seorang pendiri Pondok Baca Arcamanik, Bandung. Buku-buku berpengaruh, atau yang mengesankan, dalam kehidupan Ali Abdullah: Sheila karya Torey Hayden dan karya-karya Torey lainnya; The Kite Runner karya Khaled Hosseini; 10 Anugerah Terindah untuk Ananda karya Steven W. Vannoy