Masukkan kata kunci Anda

Konferensi Internasional Ulama Bela Negara di Pekalongan

Konferensi Internasional Ulama Bela Negara di Pekalongan

Bela negara 1

Tanggal 27-29 Juli 2016 lalu di Pekalongan diadakan acara Konferensi Internasional Ulama Bela Negara. Acara ini diselenggarakan oleh Jam’iyyah Ahlit Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) dan menghadirkan para ulama dari 40 negara. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu.

Acara ini bertujuan untuk menggelorakan semangat bela negara dalam makna yang luas dan substansial menurut ajaran Islam, sebagaimana diteladankan oleh Rasulullah, para sahabat, dan salafusshalih. Sebagaimana telah dibuktikan dalam sejarah, baik di Nusantara maupun di negeri-negeri kaum muslimin lainnya, para ahli thariqah turut berperan aktif dalam upaya bela negara. Berupa pembenahan pendidikan umat, pemapanan ekonomi masyarakat, pemeliharaan kearifan dan budaya, hingga angkat senjata dalam upaya perlawanan terhadap penjajah.

Haidar Bagir bersama Habib Zein bin Yahya

Haidar Bagir bersama Habib Zein bin Yahya

Direktur Utama Mizan, Haidar Bagir ikut menghadiri forum Internasional ini dan sempat bertemu dengan beberapa ulama Internasional seperti Habib Lutfi bin Yahya serta Habib Zeid bin Yahya yang menjadi pengurus yayasan An Nur dan mereproduksi buku-buku karya tokoh-tokoh Hadhramawt.

Konferensi ini merangkul seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam aksi bela negara secara riil. Baik dalam ranah pendidikan, sosial budaya, maupun ekonomi sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.

Dengan memberdayakan potensi umat, maka terwujudlah kesejahteraan sosial yang merupakan bentuk bela negara paling nyata, sekaligus menjadi penafsiran kontekstual terhadap anjuran jihad dan dakwah Islam di tengah zaman konflik seperti sekarang.

diolah dari berbagai sumber