Masukkan kata kunci Anda

Inilah Manfaat Gadget untuk Anak-Anak

Inilah Manfaat Gadget untuk Anak-Anak

Teknologi diciptakan untuk mempermudah kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Salah satunya yang paling populer saat ini adalah gadget, seperti tablet dan smartphone.

Semua orang berhak merasakan dan menikmati teknologi gadget ini, termasuk anak Anda. Gadget hendaknya jangan diasosiasikan sebagai hal yang bisa merugikan anak, gadget jika diulik lebih dalam bisa menjadi media belajar yang sangat menyenangkan untuk anak. Nah tentunya, semua itu terkandung pada orang tua sebagai akses kontrol, pengawas dan orang yang ada di dekat anak.

Menurut psikolog Anna Surti Ariani, tablet dan smartphone juga memiliki banyak efek postif bagi anak. Misalnya internet, email, pesan teks, kamera dan semua hal yang bisa mempermudah komunikasi antara anak terhadap orang di sekitarnya.

Aplikasi dan game yang ada di dalam gadget juga bisa menjadi alternatif atau sarana hiburan yang murah meriah. Jika diteliti lebih dalam, banyak game populer yang diambil dari pelajaran sehari-hari, misal Angry Birds yang mengusung hukum pegas dalam Fisika.

Kuncinya kembali kepada orang tua untuk memilah-milah aplikasi dan game apa saja yang cocok dipakai oleh anak. Sebaiknya Anda memilih game dan aplikasi yang berguna untuk dirinya, misalnya sebagai penunjang pelajaran di sekolah.

Saat ini banyak tersedia konten-konten positif aplikasi dan game yang tersedia di Google Play, untuk aplikasi Anda mungkin bisa mendownload aplikasi buku pelajaran, aplikasi Al Quran, atau aplikasi pembelajaran yang lain. Untuk game sendiri, mungkin Anda disarankan untuk memilih game yang tidak membuat anak freak atau candu dengan game itu sendiri.

“Anak tidak dilarang menggunakan gadget, tapi dibatasi,” ujar Anna.

Jadi, memang yang perlu dilakukan hanyalah pembatasan dalam pemakaian gadget, perhatikan waktu pemakaian dan perhatikan pula isi aplikasi dan game yang dimainkan anak di dalam gadgetnya. (berbagai sumber)