fbpx

Masukkan kata kunci Anda

IIBF 2019: Daftar Peraih IKAPI Awards 2019

IIBF 2019: Daftar Peraih IKAPI Awards 2019

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia International Book Fair (IIBF) kembali memberikan apresiasi pada para pelaku literasi tanah air, yaitu IKAPI Awards. Anugerah tahunan ini dilakukan oleh para panitia IKAPI melalui proses penilaian dan diskusi yang panjang dengan melihat bagaimana penulis maupun karyanya benar-benar berpengaruh besar dalam dunia literasi.

Pada pembukaan IIBF 2019 yang berlangsung pada tanggal 4 September 2019, diumumkan para penerima IKAPI Awards, mulai dari kategori Writer of The Yeay, Book of The Year, Literacy Promotor dan satu Award lagi yang baru di tahun ini. Apa itu dan siapa saja mereka?

 

Sumber Gambar: blog.mizanstore.com

Writer of The Year 2019

Marchella FP (penulis buku NKCTHI)

Penghargaan Writer of The Year 2019 berhasil diraih oleh penulis muda cantik yang menghasilkan karya Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), Marchella FP.  Sukses dengan buku Generasi 90-an yang mengajak para pembacanya bernostalgia, Marchella membuat buku NKCTHI yang berisi tentang kutipan kata-kata indah, motivasi, juga penuh cinta. Setiap halamannya dituliskan secara mendalam dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga tak heran cerita dalam novel NKCTHI ini sangat ‘mengena’ dalam kehidupan.

NKCTHI sudah masuk cetakan keenam dan segera diadaptasi menjadi film layar lebar. Sukses dengan buku NKCTHI, Marchella kembali menulis buku yang berjudul Kamu Terlalu Banyak Bercanda (KTBB).

 

Sumber Gambar: blog.mizanstore.com

Book of The Year 2019

Filosofi Teras (karya Henri Manampiring)

Filosofi Teras sendiri adalah buku self improvement yang sangat dekat dengan permasalahan sehari-hari. Memperkenalkan filsafat Stoic/Stoa dalam Bahasa Indonesia, ditulis dengan gaya bahasa ringan tanpa menghilangkan substansi, dan juga dihiasi ilustrasi menarik.

Jauh dari kesan filsafat sebagai topik berat dan mengawang-awang, Filosofi Teras justru bersifat praktis dan relevan dengan kehidupan Generasi Milenial dan Gen-Z masa kini. Tak heran jika buku ini sangat populer dikalangan pembaca dan mendapatkan penghargaan sebagai Book of The Year 2019.

 

Sumber Gambar: blog.mizanstore.com

Literacy Promotor 2019

Firman Vanayaksa

Penghargaan ketiga untuk kategori Literacy Promotor berhasil diraih oleh Firman Venayaksa. Ia adalah Ketua Umum PP Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) se-Indonesia, yang tidak lain merupakan sosok dibalik terbentuknya MOLI (Motor Literasi).

 

 

 

 

Sumber Gambar: blog.mizanstore.com

Rookie of The Year 2019

Fiersa Besari

Terakhir, ada satu kategori terbaru di tahun ini, yaitu Rookie of The Year yang berhasil diraih oleh Fiersa Besari. Selain music, Fiersa Besari memang cukup aktif di dunia literasi. Buku terbarunya berjudul Tapak Jejak baru saja terbit pada 17 Agustus 2019 dan mendapat antusiasme yang tinggi dari para pembaca setianya.

Selamat untuk Henry Manampiring, Marchella FP, Firman Venayaksa, dan Fiersa Besari.  Semoga IKAPI Awards ini juga dapat menginspirasi penulis tanah air lainnya.

 

Diolah dari berbagai sumber