Masukkan kata kunci Anda

Hari Dongeng Nasional dan Kisah Para Pendongeng Nasional

Hari Dongeng Nasional dan Kisah Para Pendongeng Nasional

Sahabat Mizan sampai saat ini masih ada yang sering membaca atau mendengarkan cerita dongeng? Mendengar cerita dongeng tentulah hal yang sangat menyenangkan.

Sebetulnya apa yang dimaksud dengan dongeng itu sendiri? Menurut seorang pakar Folklore Indonesia yang bernama James Danandjaja, pengertian dongeng dapat diartikan sebagai cerita pendek yang disampaikan secara lisan, dimana dongeng adalah cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar benar terjadi.

Umumnya dongeng diceritakan oleh orang tua kepada anak-anaknya, selain sifatnya yang menghibur, isi dongeng sebenarnya juga banyak berisikan ajaran-ajaran moral yang dapat digunakan sebagai media didik untuk membentuk karakter positif anak anak.

Di Indonesia terdapat perayaan Hari Dongeng Nasional yang diperingati setiap tanggal 28 November. Perayaan hari Dongeng Nasional ini baru pertama kali digaungkan pada tahun 2015. Saat itu sejumlah pendongeng bersama perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendeklarasikan Hari Dongeng Nasional tepat pada tanggal 28 November 2015.

Lalu kenapa tanggal 28 November dipilih sebagai hari Dongeng Nasional? Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan hari lahir Drs. Suyadi atau terkenal dengan sapaan Pak Raden. Sahabat Mizan pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Pak Raden yang identik dengan pakaian khas Jawa dan juga kumis tebalnya. Pak Raden kerap kali muncul dalam serial boneka si Unyil.

Pak Raden
Sumber: hot.detik.com

Tanggal kelahiran Pak Raden dipilih karena sosok tersebut dianggap sebagai sosok inspriratif yang telah memberikan hiburan bermutu bagi anak-anak di seluruh Indonesia, serta keteladanannya dalam mengembangkan dongeng di Indonesia.

Selain sosok Pak Raden, juga terdapat beberapa pendongeng yang juga memberikan inspirasi sebagai berikut:

Kak Awam

Kak Awam
Sumber: pendongeng.id

Mochammad Awam Prakoso atau yang biasa dipanggil dengan Kak Awam adalah salah satu sosok terkenal dalam kalangan pendongeng di Indonesia. Pria kelahiran tahun 1973 ini telah mendongeng dan berkeliling dari Sabang hingga Marauke untuk menghibur anak-anak Indonesia. Di tahun 2013 ia pernah memecahkan Rekor mendongeng terlama (8 jam) nonstop dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Selain itu, Sejak tahun 2009 Kak Awam telah mendirikan Kampung Dongeng di daerah Tangerang Selatan. Saat ini Kampung Dongeng telah tersebar di berbagai daerah Indonesia sebagai sarana edukasi non formal bagi anak-anak.

 

Kak Iman

Kak Iman
Sumber: terasmuslim.com

Iman Surahman atau disapa Kak Iman mulai mendongeng saat ia masih menginjak bangku Sekolah Dasar (SD) hingga saat ini. Ia memutuskan untuk berhenti bekerja di Dompet Dhuafa sebagai Komando Disaster Management Center tempatnya bekerja dahulu dan berprofesi menjadi pendongeng.

Di tahun 2008 Kak Iman mendirikan Dongeng Ceria Management (DCM) bersama istrinya. Selain itu ia juga mengasuh beberapa anak yatim dan dhuafa yang dia temukan dibeberapa lokasi bencana.

 

Rona Mentari

Kak Rona
Sumber: takaitu.com

Rona Mentari meniti karir sebagai pendongeng diumur yang masih terbilang cukup muda. Orang tua Rona telah melihat bakat mendongengnya ketika Rona masih TK. Rona sangat pandai menceritakan kembali dongeng yang dikisahkan oleh Guru TK nya kepada orang tua, om-tante, sampai beberapa kali diminta untuk menceritakan dongeng didepan rekan-rekan orang tua nya.

Hingga saat ini ia masih rajin untuk mendongeng di berbagai tempat. Di tahun 2014 Rona pernah menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam Sydney International Storytelling Festival 2014. Sejak tahun 2010 Rona bersama kedua kakaknya mendirikan Rumah Dongeng Mentari yang berlokasi di Yogyakarta. Rumah Dongeng Mentari dibuka untuk berfokus dalam kegiatan kelas mendongeng, serta mendongeng dalam kegiatan sosial.

Untuk turut merayakan hari Dongeng Nasional, tak ada salahnya jika Sahabat Mizan kembali membaca dongeng-dongeng yang kita koleksi saat kecil dahulu atau mencoba untuk menghibur anak-anak dengan membacakan cerita-cerita dongeng.

Selamat merayakan Hari Dongeng Nasional, Sahabat Mizan!

 

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

(Milla/Ari)