fbpx

Masukkan kata kunci Anda

Fakta-Fakta Dibalik Hari Buku Sedunia

Fakta-Fakta Dibalik Hari Buku Sedunia

Fakta-fakta dibalik Hari Buku Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 23 April.

Tahukah Sahabat Mizan bahwa setiap tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia? Perayaan ini dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional. Hari perayaan tahunan ini diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta.

Dibalik perayaan Hari Buku Sedunia ini, ternyata banyak terdapat fakta menarik yang diulas dalam tiga poin berikut:

  1. Peringatan Kematian Penulis Terkenal

Pernah mendengar karya yang ‘Don Quixote’ ‘atau Romeo and Juliet’? Dua karya besar tersebut lahir dari dua penulis terkenal yang masing-masing berasal dari Spanyol dan Inggris, yaitu Miguel de Cervantes dan William Shakespeare.

Miguel de Cervantes
Sumber: biography.com

William Shakespeare
Sumber: biography.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Miguel de Cervantes adalah seorang tokoh yang cukup dikenal di Catalunya karena dianggap sebagai seorang penulis berbahasa Spanyol yang cukup sukses. Salah satu karyanya yang berjudul Don Quixote disebut-sebut banyak kalangan sebagai salah satu karya sastra terbaik di dunia.

Sementara William Shakespeare adalah seorang penulis Inggris yang seringkali disebut orang sebagai salah satu sastrawan terbesar Inggris. Ia menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah, dan 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi yang lain.

Kedua penulis ini meninggal hampir bersamaan pada tahun 1616. Cervantes meninggal pada tanggal 22 April, sementara Shakespeare meninggal pada tanggal 23 April. Peringatan kematian dua penulis besar inilah yang menjadi cikal-bakal Hari Buku Sedunia.

  1. Perayaan La Diada de Sant Jordi

La Diada de Sant Jordi adalah perayaan yang diadakan untuk memperingati hari kematian Saint George, Santo pelindung dari Catalunya pada abad ke-15 di Spanyol. Perayaan ini identik dengan para pria yang memberikan bunga mawar kepada kekasihnya.

Namun sejak tahun 1923, para pedagang buku di Spanyol mulai mempengaruhi tradisi perayaan tersebut. Mereka mengadakan acara festival buku pada momen perayaan tahunan masyarakat Catalan tersebut. Tradisi perayaan La Diada de Sant Jordi pun mulai berkaitan dengan pemberian buku dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan buku.

Pada perayaan tersebut, para wanita mulai memberikan buku kepada pria sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 400.000 buku telah terjual dan ditukarkan dengan bunga mawar sebanyak 4 juta.

  1. Kelahiran Penulis Besar Dunia

Maurice Druon adalah seorang novelis dari Prancis yang lahir pada tanggal 23 April 1918. Karya-karya Druon diantaranya yaitu ‘Alexander the God’, ‘The Iron King’, dan lain-lain. Manuel Mejia Vallejo adalah seorang penulis dan jurnalis dari Kolombia. Mejia lahir pada tanggal 23 April 1923.  Terakhir adalah Halldor Laxness, seorang penulis dari Islandia yang lahir pada tanggal 23 April 1902. Laxness adalah satu-satunya penulis Islandia yang meraih Nobel Sastra.

Selamat merayakan Hari Buku Sedunia, Sahabat Mizan!