fbpx

Masukkan kata kunci Anda

‘Dunia’ dalam Filsafat: Daftar Novel Karya Jostein Gaarder

‘Dunia’ dalam Filsafat: Daftar Novel Karya Jostein Gaarder

Jostein Gaarder adalah penulis novel filsafat Sophie’s World (terj. Indonesia: Dunia Sophie, Mizan, 1996) yang merupakan salah satu novel terlaris di dunia pada tahun 1995. Sophie’s World telah diterjemahkan dalam 50 bahasa.

Ciri khas tulisannya yang memadukan keindahan dongeng dan kedalaman perenungan dapat dinikmati dalam karya-karyanya yang telah diterbitkan Mizan, di antaranya: Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng, Dunia Maya, Dunia Cecilia, The Orange Girl, The Magic Library, Dunia Anna, Misteri Soliter dan lainnya.

Selain menulis, dia giat mengampanyekan pelestarian lingkungan melalui Sofie Foundation yang didirikannya bersama istrinya, Siri, pada tahun 1997. Kini, dia tinggal di Oslo, Norwegia.

Lalu apa saja dunia-dunia yang lahir dari tangan seorang Gaarder?

  1. Dunia Sophie

 

Dunia Sophie karya Jostein Gaarder ini adalah sebuah novel tentang sejarah filsafat sejak awal perkembangannya di Yunani hingga abad kedua puluh. Buku ini pertama kali terbit pada tahun 1991 dalam bahasa Norwegia dengan judul So­fie’s Verden dan hingga kini telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 30 bahasa di seluruh dunia.

 

 

 

  1. Dunia Cecilia

 

Dunia Cecilia atau Cecilia And The Angel  bercerita tentang seorang anak bernama Cecilia yang sedang menderita kanker dan hanya bisa terbaring di kasurnya. Pada malam natal, ia didatangi malaikat bernama Ariel dan berbincang-bincang tentang perbedaan manusia dan malaikat. Buku ini terbit tahun 1993 dengan judul asli I et speil, i en gåte dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul Through a Glass, Darkly.

 

 

  1. Dunia Maya

 

Novel Jostein Gaarder ini menyoroti gagasan-gagasan yang besar: penciptaan alam semesta, evolusi kehidupan di bumi, munculnya manusia, dan tujuan dari keberadaan manusia. Dunia Maya dengan judul aslinya Maya, diterbitkan pada tahun 1999.

 

 

 

 

  1. Dunia Anna

 

Mungkin sedikit berbeda dengan cerita-cerita karangan Gaarder yang kental dengan filsafat, buku Dunia Anna lebih banyak menyoroti tentang lingkungan, khususnya perubahan iklim dan dampak pemanasan global. Judul aslinya yaitu En fabel om klodens klima og miljø (Anna. A fable about the earth’s climate and environment) diterbitkan dalam bahasa Inggris dengan judul The World According to Anna.

 

 

Itu baru 4 judul buku yang diulas, masih ada banyak lagi buku karangan Gaarder yang telah terbit dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

  1. The Orange Girl

 

The Orange Girl atau Gadis Jeruk bercerita tentang seorang anak bernama Georg mendapatkan surat dari Ayahnya yang telah meninggal 11 tahun lalu. Isi suratnya adalah cerita tentang si Gadis Jeruk yang membawa Georg pada perenungan filosofis tentang hidup. Judul aslinya yaitu Appelsinpiken (The Orange Girl) terbit pada tahun 2004.

 

 

  1. Princess Of Tales

 

Princess Of Tales sebelumnya berjudul Puteri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng adalah karya Jostein Gaarder lainnya. Dari segi penceritaan mirip Gadis Jeruk, yaitu cerita dalam cerita. Namun bedanya, Gadis Jeruk hanya terdiri dari dua kisah sementara Princess Of Tales punya banyak anak cerita. Judul aslinya Sirkusdirektørens datter diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi The Ringmaster’s Daughter (2001).

 

 

  1. Misteri Soliter: Filsafat Dalam Setumpuk Kartu Remi

 

Jika kamu rindu berfilsafat ala Dunia Sophie, buku Misteri Soliter ini bisa mengobati kerinduanmu. Misteri Soliter adalah kisah di dalam kisah, karakter yang mungkin nyata, mungkin pula tidak, masa lalu dan masa depan. Sebuah kisah yang menyajikan teka-teki dan eksplorasi kehidupan yang memukau. Buku terbit tahun 1990 dengan judul Kabalmysteriet dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi The Solitaire Mystery.

 

 

  1. The Magic Library: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

 

Terbit pada tahun 1993 dengan judul Bibbi Bokkens magiske bibliotek, buku ini kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris Bibbi Bokken’s Magic Library. Buku ini berisi tentang dunia perbukuan yang dikemas dengan mengedepankan unsur daya imajinasi anak-anak yang begitu luas.

 

 

 

  1. The Puppeteer: Kisah Filosofis Tentang Makna Keluarga

 

Dengan judul asli Dukkeføreren yang terbit pada tahun 2016, buku ini mengajak pembacanya merenung tentang kesendirian, pertemanan, serta tentang mencari tempat dan tujuan dalam kehidupan di dunia ini. Mengharukan dan menggugah empati.

 

 

 

 

  1. The Castle In The Pyrenees

 

Judul asli The Castle in the Pyrenees yaitu Slottet i Pyreneen terbit tahun 2008. Buku ini mempertanyakan tentang jiwa dan nurani manusia, melalui hubungan dua anak manusia. Kisah yang mengeksplorasi posisi kesadaran manusia di semesta. Bisakah sains menjelaskan semuanya, ataukah ada daya tak terlihat yang memengaruhi kehidupan kita?

 

 

  1. House Of Tales

Karya terbaru dari Jostein Gaarder ini berjudul Akkurat Passe: En liten fortelling om nesten alt atau dalam Bahasa Inggris disebut Just Right: A Brief Story of Almost Everything terbit tahun 2018 lalu. Novel terbaru ini juga sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan judul The House of Tales.

 

 

 

 

Ternyata masih banyak, loh buku karya Jostein Gaarder yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Apa saja?

  1. Diagnosen og andre noveller (The Diagnosis and Other Stories) (1986)
  2. Froskeslottet (The Frog Castle) (1988)
  3. Julemysteriet (The Christmas Mystery) (1992)
  4. Hallo? Er det noen her? (Hello? Is Anybody There?) (1996)
  5. Vita Brevis: A Letter to St Augustine (That Same Flower) (1998)
  6. Sjakk Matt (Checkmate) (2006)
  7. De gule dvergene (The Yellow Dwarves) (2006)
  8. Det spørs (2012)
  9. Anton og Jonatan (Anton and Jonatan) (2014)

Semoga buku-buku Jostein Gaarder lainnya bisa diterbitkan ke dalam Bahasa Indonesia.