Masukkan kata kunci Anda

Benarkah Mizan menerbitkan 60 judul buku karya penulis Syiah?

Memang betul Mizan menerbitkan sekitar 60 buku yg ditulis oleh penulis Syiah. Tapi itu berarti hanya kurang 0,5 persen dari seluruh buku buku Mizan. Lalu, buku tentang apa dan ditulis oleh siapakah yang lebih dari 99,5 persen itu? Dan dari 60 judul buku karya penulis Syiah tersebut hampir semua bukan tentang mazhab Syiah. Persisnya hanya ada 2 buku yang terkait Syiah, yakni buku Dialog Sunnah Syiah dan Ikhtilaf Sunnah-Syiah. Kedua buku tersebut isinya merupakan perbandingan mazhab Sunnah dan Syiah. Tak ada hal-hal yang sifatnya menjelek-jelekkan mazhab apa pun.

Kami menerbitkan dua buku tersebut karena pd waktu itu, sekitar tahun 80-an, ada kebutuhan informasi tentang Syiah dari penganut Syiah sendiri terkait Revolusi Islam Iran. Juga, pada waktu itu belum ada suasana konflik parah seperti sekarang. (Dan sudah lama kedua buku itu tak kami terbitkan). Sisanya, sekali lagi, buku-buku karya penulis Syi’ah itu tak ada hubungan dengan mazhab Syiah. Pada saat yg sama Mizan juga menerbitkan lebih dari 1000 karya penulis/ulama ahlus Sunnah (bandingkan, kurang dari 60 buku karya penulis Syiah, dan lebih dari 1000, atau jangan2 malah lebih dari 2000, karya ulama/penulis ahlus-sunnah).

Selain dari kalangan penulis Muslim, Mizan juga menerbitkan buku-buku karya penulis agama lain seperti Kristen dan Katolik. Sebagian tentang Islam, sebagian tentang pemikiran umum. Ada juga Bahkan orang seperti Karen Amstrong dan Annemarie Schimmel yang tidak secara jelas memeluk agama apa pun kami terbitkan. Yang pasti, semua buku yang kami terbitkan adalah buku2 yg kami anggap baik utk dakwah atau pencerahan bagi umat/masyarakat Indonesia.