fbpx

Masukkan kata kunci Anda

5 Istilah dalam Dunia Literasi Kuno yang Harus Kamu Ketahui

5 Istilah dalam Dunia Literasi Kuno yang Harus Kamu Ketahui

Sahabat Mizan yang ingin mempelajari tentang perkembangan literasi mulai dari zaman peradaban kuno mungkin akan sedikit kebingungan mendengar istilah-istilah yang asing. Apa saja istilah-istilah tersebut?

  1. Mazmur

Sumber: isadanalquran.com

Menurut KBBI, mazmur adalah kumpulan nyanyian keagamaan dan puji-pujian dari kitab Zabur. Kata mazmur sendiri diambil dari bahasa Arab yang berasal dari bahasa Etiopia, yang masih berhubungan dengan kata Ibrani “Mizmor”. Kata ini menunjuk pada suatu lagu yang dinyanyikan dengan diiringi berbagai alat musik yang menggunakan dawai.

 

 

  1. Kodeks

Sumber: wikipedia.org

Kodeks berasal dari bahasa Latin yaitu caudex, yang berarti batang pohon, balok, atau pustaka. Kodeks adalah buku atau naskah kuno yang terbuat dari lembaran-lembaran kertas, velum, papirus, atau bahan-bahan serupa, yang isinya ditulis tangan. Kodeks dibuat dengan cara menumpuk seluruh lembaran halaman, menyatukannya dengan jahitan pada salah satu tepi, dan menyampulnya dengan bahan yang lebih tebal dari lembaran halaman.

 

 

  1. Papirus

Sumber: wikipedia.org

Papirus atau Papyrus dengan nama ilmiah Cyperus papyrus adalah sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno. Tanaman ini umumnya dijumpai di tepi dan lembah Sungai Nil. Kira-kira 3500 SM, bangsa Mesir Kuno sudah memanfaatkan papirus.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Vellum

Sumber: wikipedia.org

Vellum berasal dari kata Latin vitulinum yang artinya dibuat dari sapi muda. Kata ini kemudian menjadi istilah bahasa Prancis kuno Vélin, yang artinya kulit sapi muda (calfskin). Vellum menjadi sebutan bagi lembaran untuk menulis yang terbuat dari kulit sapi muda.

 

 

 

 

  1. Perkamen

Sumber: wikipedia.org

Perkamen adalah media untuk menulis pengganti kertas yang dibuat dari kulit binatang. Kulit yang biasa dipakai adalah kulit sapi, kambing, biri-biri, domba, dan keledai. Perkamen digunakan sebagai halaman dalam sebuah buku, kodeks atau naskah. Kata perkamen diambil dari nama kota Yunani Pergamon atau Pergamos yang sekarang terletak di Turki dan bernama Bergama. Perkamen tidak ditemukan untuk pertama kalinya di kota ini, tetapi kota ini pada masa itu menghasilkan perkamen berkualitas tinggi.

 

 

 

 

Nah, sekarang Sahabat Mizan tidak perlu bingung lagi jika mendengar atau membaca istilah-istilah tersebut ya.

 

Diolah dari berbagai sumber.