Masukkan kata kunci Anda

365 Renungan Harian Al-Quran

365 Renungan Harian Al-Quran

Setiap Muslim meyakini al-Qur’an sebagai tuntunan hidup untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sayangnya, banyak orang mengeluhkan minimnya waktu dan kesempatan untuk mempelajari al-Qur’an secara mendalam. Alasannya macam-macam, dari urusan pekerjaan dan keluarga hingga urusan hobi.

Nah, menyadari kenyataan itu, buku ini berusaha menyediakan 365 renungan al-Qur’an yang bisa dibaca dan dihayati setiap hari, selama setahun penuh. Harapannya tentu saja adalah agar hidup kita mendapatkan tuntunan dan pencerahan dari al-Qur’an.

Buku ini lebih tepat digunakan oleh orang-orang awam yang sibuk, yang punya waktu terbatas untuk mempelajari al-Qur’an secara mendalam. Namun, dengan segala kesederhanaannya, renungan al-Qur’an ini kiranya membantu kita semua menjalani hidup sesuai dengan tuntunan-Nya.

***
Hari ke-1, Januari
Allah Mahasempurna
Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Hidup, Berdiri Sendiri, Abadi. Tidak mengantuk dan tidak tidur.
Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat tanpa izin-Nya.
Mengetahui apa yang di hadapan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa pun
dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi.
Dan Allah tidak keberatan memelihara keduanya. Allah Mahatinggi, Mahabesar.

(QS Al-Baqarah [2]: 255)
Hanya Allah-lah yang berhak kita sembah. Dia hidup kekal; terus-menerus mengurus makhluk ciptaan-Nya, termasuk kita semua, tanpa pernah lalai. Dia tidak pernah mengantuk, apalagi tidur. Dia tak mempunyai kekurangan sedikit pun. Hanya Dialah yang memiliki semua langit dan bumi. Tak seorang pun yang menyertai-Nya. Maka dari itu, tak ada satu makhluk pun dapat memberi pertolongan kepada yang lainnya, kecuali dengan izin Allah Swt.
Allah Swt. mengetahui segala sesuatu yang telah dan akan terjadi. Tak seorang pun mampu mengetahui ilmu Allah kecuali orang-orang yang dipilih-Nya. Kekuasaannya sangat luas, meliputi langit dan bumi. Tidak sulit bagi Allah mengatur itu semua, karena Dia terhindar dari segala kekurangan dan kelemahan. Dia Mahaagung dengan kekuasaan-Nya.
Allah Swt. pelindung orang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan keka?ran kepada cahaya iman. Dia memberi petunjuk siapa yang dikehendaki ke jalan yang lurus. Allah menerangkan syariat-Nya kepada manusia, dan menunjukkan jalan para nabi dan orang-orang saleh. Dia akan mengumpulkan manusia di Hari Kiamat yang tak diragukan terjadinya.
Allah Maha Mengetahui segala isi hati. Dia menyukai orang yang bertakwa dan orang yang bersih; menerima tobat mereka yang sungguh-sungguh. Dia Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang.[]Hari ke-2, Januari

Munajat Kepada Allah
Katakanlah, “Ya Allah, Pemilik Kekuasaan, Engkau beri kekuasaan kepada yang Engkau kehendaki
dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa saja yang Engkau kehendaki.
Engkau memberi kemuliaan kepada siapa yang Engkau kehendaki
dan Engkau memberi kehinaan kepada siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mu segala yang baik.
Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segalanya. Engkau masukkan malam ke dalam siang
dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati,
dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup; Engkau beri rezeki kepada siapa
yang Engkau kehendaki tanpa dihitung.”

(QS Ali Imran [3]: 26-27)
Dengan mengakui kelemahan kita dan kemahakuatan Allah Swt., katakanlah, “Ya Allah, hanya Engkaulah yang berhak mengatur segala hal. Engkau memberi kekuasaan kepada siapa saja dan mengambilnya dari siapa saja. Engkau memberi kejayaan kepada hamba-Mu yang Engkau kehendaki, dengan menunjukkan jalan-jalan untuk meraihnya. Engkau membiarkan rendah siapa saja yang menyimpang dari jalan-Mu. Hanya Engkaulah yang memiliki segala kebaikan. Tak satu pihak pun dapat mencegah-Mu mewujudkan kehendak mulia-Mu menurut kebijaksanaan-Mu.
Tuhan, ampunilah dosa kami dan dosa saudara-saudara kami yang telah mendahului kami kembali ke hadirat-Mu. Tuhan, hapuskanlah kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang yang banyak berbakti.
Tuhan, jadikanlah kami dan saudara-saudara kami orang yang tetap mendirikan shalat, juga anak keturunan kami. Tuhan, jangan palingkan kami sekejap pun dari mengingat-Mu. Tuhan, anugerahilah kami rahmat dari hadirat-Mu dan berikanlah kepada kami dalam perkara kami jalan yang benar.
Tuhan, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasul-Mu, dan janganlah Engkau hinakan kami di Hari Kiamat. Sungguh, Engkau tidak menyalahi janji. Tuhan, kuatkanlah iman, tekad, dan kemauan kami untuk memegang teguh petunjuk-Mu dan meniti jalan-Mu.[]Hari ke-3, Januari

Obat Penyakit
Hai umat manusia, telah datang kepadamu ajaran dari Tuhanmu
dan obat penyakit yang ada dalam hatimu, serta petunjuk dan rahmat bagi orang beriman.
(QS Yunus [10]: 57)
Wahai saudaraku, telah datang kepada kita Kitab Allah yang disampaikan melalui Rasul-Nya, Nabi Muhammad Saw. Di dalamnya terdapat peringatan untuk taat dan beriman, serta nasihat untuk melakukan kebaikan dan menjauhi kejahatan. Ia juga mengandung kisah-kisah orang terdahulu sebagai bahan renungan dan anjuran untuk mengamati dengan saksama rahasia-rahasia mayapada, sehingga kita menyadari kedahsyatan ciptaan-Nya. Kitab itu juga mengandung terapi hati yang lara. Pedoman untuk mendapatkan jalan kebenaran dan rahmat bagi orang-orang yang menerimanya dengan tangan, hati, dan pikiran terbuka.
Tuhan Semesta Alam yang menciptakanku, dan Dialah yang membimbingku; yang memberi aku makan dan minum; dan bila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku; yang akan membuat aku mati, dan kemudian menghidupkan aku kembali; dan kuharapkan mengampuni dosa-dosaku pada Hari Perhitungan. Tuhan, aku tak sanggup membayangkan tibanya hari yang tiada perlindungan kecuali perlindungan-Mu. Tak terbayangkan hari yang tak lagi berguna bapak-ibu buat anaknya; anak terhadap orangtuanya dan harta terhadap pemiliknya.
Allah menurunkan dalam al-Qur’an apa yang menjadi obat dan rahmat bagi orang beriman. Orang yang tidak beriman pada telinga mereka terdapat sumbatan, sedang al-Qur’an menjadi kegelapan bagi mereka. Bila kau ingin sehat jasmani dan ruhani, reguklah khasiatnya sepanjang hayat. Mohonlah kepada Allah, agar Dia berkenan menjadikan al-Qu’ran pemimpin, cahaya dan petunjuk yang menyinari relung-relung hati kita sepanjang masa.[]