Masukkan kata kunci Anda

36 Judul Buku Indonesia Terjual di Frankfurt Book Fair 2018

36 Judul Buku Indonesia Terjual di Frankfurt Book Fair 2018

Frankfurt,
Kabar gembira dari keikutsertaan Indonesia di Frankfurt Book Fair 2018. 36 judul buku dibeli rights penerbitannya oleh beberapa negara seperti Inggris, Prancis, Jerman, Turki, Vietnam, Tiongkok dan Malaysia. Koordinator Bidang Promosi Literasi dan Lisensi Hak Cipta Komite Buku Nasional Nung Atasana menyatakan bahwa tahun ini judul yang terjual lebih beragam genre dibanding Frankfurt Book Fair 2017. “Salah satu strategi kami dalam mendorong penerbit luar untuk bisa membeli hak cipta buku-buku Indonesia adalah dengan mengatur acara matchmaking antar negara yang diikuti oleh co-exhibitor yang terdiri dari 10 penerbit Indonesia. Tahun ini kami menyelenggarakan 2 matchmaking khusus di FBF yakni dengan penerbit Turki dan Taiwan”. Jumlah judul ini pun mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yang terjual 20 judul.


Selain acara matchmaking, Indonesia juga berpartisipasi dalam beberapa acara yang diselenggarakan oleh Frankfurt Book Fair bekerjasama dengan Asosiasi Penerbit Buku Asean. Melalui Asean Forum ini diharapkan akan ada banyak mata terutama dari penerbit Eropa dan Amerika. Asean Forum ini banyak membahas tentang industri penerbitan di Asean serta bagaimana mencari strategi khusus untuk memasarkan buku-buku Asean agar bisa mendobrak pasar Eropa dan Amerika. Dalam salah satu acara di Forum Asean ini juga dibahas mengenai keberhasilan Indonesia dalam menjadi Guest Of Honor Frankfurt Book Fair 2015 yang kemudian menjadi jalan pembuka bukan hanya dunia literasi dan penerbitan Indonesia bahkan industri pariwisata karena ada wisatawan Jerman yang datang ke Indonesia meningkat setiap tahunnya. Ahmad Saufi dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di Berlin menambahkan bahwa menurut Statistik Kementerian Pariwisata RI mencatat bahwa terdapat peningkatan jumlah wisatawan Jerman ke Indonesia dalam beberapa tahun terkahir, yaitu sebanyak 260.586 orang di tahun 2017, dari yang sebelumnya 231.000 orang (2016), 201.202 orang (2015), 184.463 orang (2014), dan 173.470 orang (2013).


Frankfurt Book Fair 2018 ini juga menjadi pemanasan Indonesia dalam mempersiapkan diri sebagai Market Focus Country London Book Fair 2019. Tetap dengan mengusung tag line 17,000 Islands of Imagination diharapkan dalam acara LBF 2019 bulan maret nanti akan ada lebih banyak karya-karya penulis Indonesia yang bisa mendapatkan tempat di hati pembaca internasional.

Ditta Sekar Campaka
Humas & Publikasi
Komite Buku Nasional