Masukkan kata kunci Anda

34 Tahun Mensyukuri Perjalanan

34 Tahun Mensyukuri Perjalanan

logo 34th mizan copy

Sejak didirikan tahun 1983 dan digagas oleh beberapa mahasiswa yang saat itu belum lulus, Penerbit Mizan senantiasa berusaha untuk menyuguhkan konten-konten yang bermanfaat dan memberikan inspirasi. Dari hanya menerbitkan 30 judul buku di tahun pertamanya, kini Mizan Grup meluncurkan tidak kurang dari 600 judul buku per tahun. Selain buku, Mizan pun merambah dalam pelbagai pengemasan konten digital dan audio-visual lain, seperti film dan lain-lain.  Sesuai dengan namanya, “Mizan” (yang berarti “timbangan”) selalu berusaha untuk menjadi penyeimbang bagi dengan menyajikan informasi dari pelbagai sudut pandang.

Untuk mensyukuri perjalanan 34 tahun tersebut, Mizan menyelenggarakan acara Milad Mizan yang diadakan pada tanggal 30 Maret 2017 lalu bertempat di Wisma Serbaguna, Komplek Gelora Senayan Jakarta.

MenagAcara ini dihadiri dan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Syaifuddin dan dihadiri pula oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy serta beberapa tokoh seperti Komaruddin Hidayat, Mochtar Pabotinggi, Romo Benny, Seto Mulyadi, Salim Said, serta Ulil Abshar Abdalla dll. Dalam kesempatan tersebut juga dilangsungkan acara  Orasi Kebangsaan oleh Buya Ahmad Syafii Marif yang berisi tentang memberi panduan perjalanan bangsa ke depan. Selain itu, Mizan meluncurkan penerbitan kembali buku yang ditulis berdasar disertasi Buya Syafii yang berjudul Islam dan Pancasila sebagai Dasar Negara: Studi Tentang Perdebatan Konstituante. Kami memandang perlu penerbitan ulang buku Buya Syaffi ini untuk mengingatkan kembali pentingnya Pancasila bagi bangsa Indonesia yang saat ini tampaknya sedang mengalami berbagai macam krisis termasuk krisis kebangsaan dan toleransi.

WhatsApp Image 2017-03-30 at 21.22.09

Dalam acara ini diluncurkan pula buku terbaru karya Haidar Bagir selaku Direktur Utama Mizan Group yang berjudul Islam Tuhan, Islam Manusia: Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau. Buku ini juga menjadi penanda 60 tahun Haidar Bagir berkarya dan menghasilkan berbagai tulisan sejak masih di bangku kuliah hingga kini. Perlu ditambahkan juga bahwa baru-baru ini salah satu karya Haidar Bagir yang berjudul Islam, Risalah Cinta dan Kebahagiaan diterjemahkan dan diterbitkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul Islam: The Religion of Peace and Happines dan diluncurkan pada London Book Fair 2017 yang lalu. Buku ini bahkan mendapat endorsement dari Karen Armstrong dan John. L. Esposito.

WhatsApp Image 2017-03-30 at 20.16.04

Acara ini dipandu oleh Prabu Revolusi yang juga pernah menulis buku dan diterbitkan oleh Penerbit Mizan berjudul Secangkir Kopi Inspirasi. Selain itu ada penampilan dari Sri Izzati, penulis buku Kado untuk Ummi yang menjadi buku pertama dari seri Kecil-Kecil Punya Karya. Pidi Baiq yang sudah menulis dan menerbitkan banyak karya di Mizan termasuk karya fenomenalnya Dilan (Dia adalah Dilanku tahun 1990), Milea (Suara dari Dilan) dan lain-lain juga tampil membawakan musik khasnya. Selain itu, serta penampilan khusus dari musisi Jepang Hiroaki Kato yang juga menjadi penerjemah buku Laskar Pelangi ke dalam bahasa Jepang.

AZIZ9701

AZIZ9649

IMG_9930

 

Pada acara ini pula Mizan memberikan secara simbolis kepada penerima Beasiswa Mizan 2017. Beasiswa Mizan sendiri merupakan program Corporate Social Responsibility tahunan Mizan yang tujuannya memberikan dana bantuan penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir program S1, S2, S3. Tahun 2017 ini panitia Beasiswa Mizan 2017 menerima 591 proposal yang terdiri atas 113 Universitas baik di dalam maupun luar negeri. Adapun penerima Beasiswa Mizan tahun 2017 adalah Farah Ghassani, mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah dengan judul proposal Pendayagunaan Islamic Fashion Sebagai Instrumen Diplomasi Indonesia di Kancah Internasional Periode 2013-2016 untuk strata 1, Fransisca Ria Susanti dari Universitas Indonesia dengan judul proposal Global-Lokal: Kontestasi Diskursus Islam dalam Masyarakat Jaringan (Studi Kasus Gerakan Islam di Purwakarta) untuk program S2 dan Ulya Fikriyati dari UIN Sunan Ampel Surabaya dengan judul proposal Paradigma Tafsir Ayat-ayat Pseudo-violence dalam Surat al-Taubah untuk program S3.

WhatsApp Image 2017-03-30 at 20.24.19